Sabtu, 20 Oktober 2012

Wajah koperasi indonesia saat ini


Jika kita berbicara koperasi sudah pasti banyak orang mengenal atau hanya mendengar kata tersebut, tetapi tidak semua orang mengetahui seluk beluk yang ada didalamnya, berasaskan apa, apa tujuan dibentuknya, bagaimana terbentuknya koperasi ini,tidak banyak orang mengetahuinya, mungkin dulu pada zaman bung hatta ataupun ketika masa orde baru koperasi lebih dikenal oleh masyarakat luas, dibandingkan dengan zaman sekarang. sebagai negara yang demokrasi koperasi memiliki andil dalam meningkatkan perekonomian indonesia, koperasi itu sendiri menghimpun unit unit usaha kecil yang berasaskan kekeluargaan. dengan adanya koperasi pengusaha pengusaha kecil dapat bekerja sama dengan pengusaha kecil lain maka akan lebih efektif dan efisien, pengusaha pengusaha kecil umumnnya memiliki modal yang kecil sehingga penghasilan produktivitasnya pun kecil yang merambat pada keuntungan yang di dapat pun akan kecil oleh karna itu jika adanya kerja sama antara pengusaha kecil lainnya hasilnya pun akan lebih efisien.
Harus bisa menekan kan pengeluaran sekecil kecilnya dan mendapatkan keuntungan sebesar besarnya. Didalam koperasi pun harus bisa meningkatkan pendapatan anggotanya juga. Semakin majunya perkembangan, indonesia pun di tuntut untuk bisa mengikutinya baik dalam perekonomian maupun industri. Mampukah produk produk dalam negeri bersaing dengan produk luar negri yang sejenis terutama dengan negara yang memang sudah maju melebihi indonesia.bersaing tidak hanya dalam segi kualitas kuantitaspun dilihat. Itulah masalah yang dihadapi indonesia saat ini mampukah industri industri kecil ataupun menengah yang tergabung dalam koperasi menjamin kualitas dan kuantitas produknya sehingga memiliki daya saing di pasar dunia.
Dengan berasaskan kekeluargaan maka yang diutamakan adalah kemakmuran masyarakatnya. Walau seperti itu koperasi masih dianggap sebelah mata oleh banyak orang. Salah satu sebabnya adalah bermunculan perusahaan perusahaan besar yang menuntut koperasi harus bekerja keras agar bisa menyaingi dan tidak tersingkirkan. Sudah lebih dari satu abad koperasi berdiri, satu kurun waktu yang dibeberapa negara telah menjadikan koperasi sebagai lembaga ekonomi sosial yang mapan. Perjalanan koperasi yang begitu panjang, yang berarti telah menyerap banyak pengalaman, ditambah dengan fasilitas yang begitu melimpah serta perlindungan politik yang begitu kuat. lembaga ekonomi sosial yang sehat dan kuat, yang bermanfaat bagi anggota dan masyarakat sekitar.
Sekarang telah banyak bermunculan perusahaan perusahaan besar yang bersaing, sedangkan koperasi menjadi terpinggirkan akankah koperasi saat ini mampu bersaing? Jika kualitas dan kuantitas produk lebih di tingkatkan dan sekiranya mampu untuk menyaingi perusahaan besar lainnya saya kira koperasi mampu untuk bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini, tetapi untuk melaksanakannya tidaklah mudah, walaupun koperasi memiliki perkembangan yang cukup panjang dari masa kemasa, peranan pemerintah dan masyarakat pun ikut andil dalam memajukan koperasi di indonesia. Ketika abad 20 berakhir terjadi perubahan perubahan pemerintah yang cenderung membingungkan koperasi tetapi itu semua berdampak positif , mengapa? Karena koperasi dituntut untuk menelaah lebih lanjut apa yang telah mereka kerjakan dan bagaimana mengerjakan itu dimasa yang akan datang dan bagaimana memperoleh modal serta laba untuk menjalankan itu. Itulah yang dapat memotivasi koperasi untuk lebih mengorganisasikan diri dann mengefisiensikan mengembangkan koperasi agar bisa bersaing dengan yang lain.
Koperasi tumbuh dari kalangan rakyat, ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang muncul. Beberapa orang yang penghidupannya sederhana dengan kemampuan ekonomi terbatas, terdorong oleh penderitaan dan beban ekonomi yang sama, kemudian mempersatukan diri untuk menolong dirinya sendiri dan manusia sesamanya bekerja sama dalam satu wadah untuk memajukan perekonomian sesama, dengan menggabungkan modal dan membagi rata penghasilan bergotong royong membangun koperasi. Sekarang ini perkembangan koperasi di Indonesia dapat kita lihat bahwa koperasi di Indonesia kurang dikelola dengan baik. Selain masalah pengelolaan dan pertumbuhan koperasi yang patut dilihat lagi adalah manajemen pelaksanaan koperasi itu sendiri yaitu adalah kurangnya anggota koperasi yang cukup berpengalaman dalam melakukan pengelolaan koperasi tersebut, karena anggota aktif akan memberikan dampak yang positif pada suatu koperasi. Selain itu permasalahan kopersi yang perlu dilihat lebih lanjut adalah masalah penggalakkan dan promosi harus ditingkatkan namun masalah promosi harus membawa pesan-pesan promosi yang baik dan sesuai dengan tujuan dasar dari kopersi tersebut.
Koperasi pertanian pernah menjadi model pengembangan pada tahun 1960an hingga awal tujuh puluhan, namun pada dasarnya koperasi pertanian di Indonesia diperkenalkan sebagai bagian dari dukungan terhadap sektor pertanian dan industri. Pada bagian pertanian koperasi menjadi bagia menggerakkan pembangunan pertanian, terutama untuk mencapai swasembada beras., jadi bisa dibilang koperasi hanya terlihat sebagai suatu lembaga namun kurang terlihat dari koperasi tersebut untuk memajukan perekonomian dan kehidupan masyarakat desa tersebut. Jika dilihat kepada sektor dimana para anggotanya adalah para produsen atau pengusaha kecil dapat menyelenggarakan usaha usaha untuk meningkatkan laba para anggotanya dengan membeli bahan baku bersama sehingga dapat memperoleh harga lebih murah karena membeli dalam jumlah yang banyak. Selalu meminimalisir kerugian yang memungkinkan ditanggung oleh para anggotanya. Sementara bagi koperasi yang anggotanya sebagai konsumen, koperasi dapat meningkatkan udaya beli anggotanya dengan menjual baranglebih murah dari pada harga pasar, dan untuk koperasi simpan pinjam memberikan pinjaman finansial dengan proses yang mudah, sederhana dengan bunga yang ringan.
Menyadari pentingnya posisi koperasi dalam perekonomian indonesia, segala upaya telah dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan koperasi agar masyarakat lebih mengenal dan mampu menjadi wadah kegiatan perekonomian rakyat indonesia, namun berbagai cara telah dilakukan tetapi belum mampu meningkatkan kinerja koperasi terutama pada aspek kualitasnya. Walaupun seperti itu koperasi sedikit banyak berpengaruh pada perekonomian walau masih relatif kecil. Jika di lihat dari pengenttasan kemiskinan koperasi masih belum mampu mensejahterakan anggotanya ke tahap yang lebih layak hal ini antara lain di sebabkan oleh kurang optimalnya upaya pemberdayaan sumber daya manusia sebagai pelaku koperasi kapasitas usaha koperasi dan sistem kelembagaan bagi koperasi.
Dan pada saat ini koperasi telah berada pada lingkungan yang cepat sekali berubah rubah ketika krisis ekonomi yang berkelanjutan yang masih terlihat dimana mana, yang seharusnya menjadikan koperasi untuk lebih mengembangkan dirinya dengan strategi dan cara yang tetap terlebih jika bisa berbeda dengan koperasi sebelumnya, harus bisa membuktikan diri bahwa koperasi bisa menjadi suatu wadah untuk memberantas kesengsaraan untuk rakyat banyak dengan bersama sama membangun usaha, tanpa memikirkan individualisme. Tidak hanya itu banyak sekali faktor yang menjadikan koperasi kurang terlihat baik dalam masalah struktural koperasi itu sendiri maupun masalah kultural koperasi yang terjadi.
Cita cita koperasi seperti yang telah diucapkan bung hatta adalah menentang individualisme dan kapitalisme, yang bermaksud menciptakan masyarakat indonesia yang kolektif dan berakar pada adat istiadat indonesia tetapi ditumbuhkan pada tingkat yang lebih tinggi sesuai tuntutan zaman modern, bekerjasama atas dasar kekeluargaan antar manusia bebas dari penindasan serta paksaan, menciptakan kedamaian untuk kepentingan orang perorang maupun kepentingan bersama. Disinilah peran koperasi turut andil dalam meningkatkan perekonomian, tidak tidak egois memikirkan kepentingan pribadi tetapi mementingkan kepentingan seluruh anggota agar semua merasa sejahtera terutama kesejahteraan untuk rakyat kecil
Kondisi koperasi saat ini memang perlu lebih diperhatikan. Jika kita tidak bertindak cepat dan tegas, bisa-bisa koperasi hanya tinggal nama saja dan tdak bisa berjalan seperti dahulu. Bila ditelusuri lebih jauh lagi, masalah utama dalam koperasi saat ini memang terletak pada konsep yang sudah terkesan tua, atau lama yang dari tahun ketahun selalu sama, seperti yang sudah saya katakan Konsep seperti itu sepertinya sudah harus dirubah dengan sesuatu yang lebih bisa menumbuhkan koperasi bisa menjadi lebih baik lagi, untuk sistem perekonomian saat ini dimana perkembangan teknologi sudah berkembang pesat.
Dilihat dari keadaan koperasi Indonesia sekarang maka perlu dilakukan pembaharuan perubahan pola fikir dalam pembangunan ekonomi di sektor koperasi, dan pemulihan jati diri koperasi. sehingga rasa kebersamaan yang terwujud dalam jati diri koperasi tidak akan luntur. Perlu adanya revisi ulang dari Pemerintah supaya konsep yang dimiliki koperasi saat ini baru dan tidak ketinggalan zaman. Dengan konsep yang baru sudah tentu menjadikan koperasi jauh berbeda dengan sebelumnya.
Harapan terhadap koperasi agar dilakukan pembaharuan baik itu dari internal ataupun eksternal koperasi, selain itu hal lain yang diharapkan adalah agar koperasi ini bisa menjadi penyokong kegiatan ekonomi Indonesia yang tepat dan tanggap terhadap pertumbuhan dan perkembangan masyarakat, sekaranglah kesempatan indonesia untuk menata kembali perekonomiannya untuk menghadapi persaingan global dengan terus mendorong dan meningkatkan peran koperasi dalam perekonomian nasional. Dan saya berharap untuk kedepannya koperasi bisa menjadi suatu wadah untuk rakyat banyak dalam melakukan usaha agar lebih bisa maju dengan rasa kekeluargaan dan solidaritas yang tinggi membangun koperasi menuju tingkat yang lebih baik lagi.

1 komentar: