Sabtu, 20 Oktober 2012

Andai aku menjadi menteri koperasi



Jika aku menjadi mentri koperasi, hal yang ada dalam benak saya adalah bagaimana cara agar masyarakat itu tau tentang koperasi itu sendiri, dimulai dengan membentuk pribadi yang amanah dalam menjalankan tugas yang menurut saya tidaklah mudah, memikul beban untuk memajukan perekonomian indonesia sendiri, saya sendiri pun harus memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang nanti akan saya lakukan tiadk perpangku tangan melihata kelalaian atau kinerja para anggota yang memang seharusnya ditegur agar tetap melakukuan kewajibannya, tidak hanya semata mata untuk mengais rezeki yang tidak sepantasnya, lebih memikirkan kepentingan sendiri, yang seharusnya dibuang jika ingin menjadi pemimpin bagi rakyat banyak. Selalu ingat dibalik terbentuknya koperasi ini sendiri yakni demi memakmurkan dan mensejahterakan rakyat. Selalu berupaya mensejahterakan rakyat banyak, terlebih untuk anggota anggota yang terlibat didalamnya, jika anggota sudah merasa makmur sudah jelas mampu menjadi pemimpin yang baik untuk kepentingan bersama, itulah yang saya fikirkan apa yang terkandung dalam kalimat “andai aku menjadi menteri koperasi”.
Bnyak sekali inovasi inovasi baru atau ide ide yang sulit dilakukan untuk koperasi kedepannya yang nanti akan saya uraian, sudah jelas itu sangat tidak mudah memang jika hanya dibayangkan ini dan itu terasa mudah, tapi untuk menjalankannya itu sendiri yang terasa berat, disinilah menrut saya semua pihak berperan tak hanya dari pemimpin, para anggotapun harus mendukung dan bekerjasama memajukan koperasi tidak hanya semata mata untuk mengais rezeki, atau bahkan memanfaatkannya saja, semua harus saling mendukung, dalam satu visi dan misi yang sudah terbentuk. Oleh karena itu membentuk jiwa atau karakter dari anggotanya pun di perlukan tidak hanya sekedar dari pemimpinnya, hal yang sangat penting untuk menunjang koperasi kedepannya akan mau menjadi seperti apa? Sudah jelas menginginkan koperasi menjadi lebih baik lagi tentunya bukan, dan saya sendiri memiliki kriteria tersendiri untuk merekrut anggota koperasi, diantaranta yang wajib dimiliki oleh anggota koperasi adalah kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab , kepedulian terhadap sesama. Saya akan uraian satu persatu mengapa itu semua menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam memajukan koperasi kedepannya.
Kejujuran merupakan suatu hal yang sangat sederhana tapi akan sulit dilakukan jika tidak tertanam dalam diri untuk selalu bersikap jujur dalam bekerja, hal yang sangat mudah dilakukan bila tidak tergoda dengan hal hal yang dapat merusak citra diri. keterbukaan diri, bersosialisasi menjadi hal yang penting, dalam mempublikasikan koperasi itu sendiri, berteman dengan banyak orang kemudian memiliki relasi yang cukup banyak di masyarakat akan lebih memudahkan jalannya koperasi, untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat luas tentang seluk beluk yang ada dikoperasi tersebut. Lalu Tanggung jawab, setiap anggotanya haruslah memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk apa yang sudah ia ambil atau apa yang sudah ia kerjakan jika setiap anggota memiliki sifat tersebut koperasi akan berjalan lancar, loyal terhadap apa yang sudah dipilih, dan kerjakan sesuai dengan apa yang seharusnya dikerjakan, berusaha sebaik baiknya agar hasilnya pun baik, lalu terakhir kepedulian terhadap sesama, memiliki rasa peduli terhadap sesama diperlukan untuk setiap anggotanya karena banyak sekali rakyat kecil yang butuh bantuan dalam segi pekerjaan atau pun dalam mengembangkan usahanya, jika anggota koperasi peduli dengan masyarakat kecil bisa mengajak untuk bergabung bersama dalam satu wadah yakni koperasi.
Terus maju agar tercapai sasaran yang di inginkan yakni salah satunya meningkatkan perekonomian indonesia terlebih mensejahterakan para anggotanya. Tujuan dari bergabungnya seseorang dalam koperasi salah satunya meningkatkan perekonomian agar bisa menjadi lebih baik sebelum bergabung dengan koperasi. dengan segala upaya selalu mensejahterakan anggota, jika anggota sejahtera, pengusaha lainpun akan tertarik untuk bergabung dengan unit koperasi ini, sebisa mungkin memberantas kesengsaraan rakyat kecil, selalu melihat kebawah dan menghimpun masyarakat bawah yang ingin turut bergabung.banyak sekali masyarakat yang awam tentang koperasi itu sendiri,dan kurang menarik perhatian, mungkin salah satu faktornya kurangnya pengetahuan tentang koperasi itu sendiri, publikasipun kurang, oleh karena itu penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan untuk anggota secara berkala, pengetahuan akan koperasi sangat penting untuk para anggota dengan cara memberikan penyuluhan kepada para anggota yang akan memajukan koperasi. Dengan memberikan penyuluhan diharapkan para anggota dapat lebih memahami dan memiliki inovasi inovasi serta kreatifitas baru untuk lebih meningkatkan koperasi.
Bukan hanya pendidikan dalam koperasi, tetapi teknologi juga tidak bisa diabaikan, dengan seiringnya waktu, segala sesuatu sudah menggunakan teknologi yang semakin lama semakin canggih lagi, dengan teknologi yang ada dapat menunjang dan mengembangkan koperasi menjadi lebih baik dengan cara mengikuti kemajuan teknologi yang terus berkembang. Dengan demikian koperasi tidak tertinggal dan manajemen koperasi menjadi jauh lebih baik lagi. untuk saat ini pemerintah belum berhasil memberikan pendidikan yang optimal untuk mendorong semangat orang untuk berkoperasi oleh karena itu pemberian pendidikan tentang koperasi sangatlah bagus agar banyak orang mengetahui dan tertarik untuk bergabung dengan koperasi.
berawal dari pembentukan jiwa anggota yang harus memiliki kepemilikan bersama akan koperasi yang dijalankan agar jika mereka bekerja dengan senang hati tanpa ada beban apapun, Banyak sekali kendala yang terjadi pada masyarakat kecil jika ingin melakukan usaha, dengan membantu pengusaha pengusaha kecil yang ingin membuka usaha tetapi hanya memiliki modal kecil, jika bergabung dalam koperasi yang sudah terdiri dari pengusaha pengusaha kecil bisa dibantu dalam pembelian bahan baku misalnya, dapat mengefisiensikan harga maupun laba yang akan di dapat. Disinilah peran para anggota dibutuhkan dengan mencari anggota yang berkualitas dan berpendidikan, kepengurusan manajemen koperasi akan jauh lebih terkendali. Kepengurusan koperasi sebelumnya harus mempunyai kriteria-kriteria yang layak untuk menjadi anggota koperasi, Selain itu, pemerintah juga ikut andil dalam membantu koperasi untuk merekrut pekerja yang berkompeten.
Untuk mempermudah itu semua, mensosialisasikan atau mempromosikan koperasi menjadi salah satu hal penting, agar masyarakat luas banyak yang mengetahui lebih dalam tentang koperasi. mengekspos kegiatan dari koperasi tersebut. Agar lebih dikenal lagi pemerintah ikut andil dalam mensosialisasikan kepada halayak umum, agar banyak masnyarakat banyak yang tertarik untuk ikut bergabung dengan koperasi ini, disinilah peran pemerintah dibutuhkan pemerintah harus ikut andil dalam mempromosikan koperasi itu sendiri kepada masyarakat banyak karena koperasi tidak bisa dianggap remeh, jika koperasi di indonesia maju, banyak sekali cara untuk mempromosikannya salah satunya dengan memanfaatkan media masa untuk memsosialisasikan gagasan dan kegiatan yang akan diselenggarakan. dan berkembang banyak di indonesia sudah jelas itu semua sangat membantu perkonomian di indonesia bukankah begitu? Jika peran koperasi terus di tingkatkan dan progres perkembangan slalu naik, sudah pasti para anggotanya pun sejahtera di dalamnya yang menjadikan perekonomian indonesia pun menjadi bagus. sudah tentu peran menteri sangat di butuhkan untuk merangkul ini semua agar berjalan sesuai apa yang diharapkan.
Sudah saatnya koperasi berubah dengan warna yang baru, mengulang kembali kesuksesan yang sudah terjadi pada masanya, dengan tetap menjunjung tinggi visi dan misi dibalik terbentuknya koperasi yakni terwujudnya koperasi yang tangguh dan mandiri serta berdaya saing tinggi dalam bidang produksi dan distribusi serta mampu meraih peluang pasar. dapat dilihat dalam visi koperasi itu sendiri mewujudkan koperasi yang tangguh yang mampu bersaing dengan perusahaan perusahaan besar serta produknya pun dapat bersaing dalam segi kualitas maupun kuantitasnya sendiri.
Meningkatkan SDM yang ada banyak sekali sdm yang berkompeten untuk mengurus koperasi, menurut saya dengan membekali mereka dengan pengetahuan tentang koperasi dan menaungi mereka agar terus berasa pada jalannya, saya rasa koperasi sudah tentu akan berjalan baik. Merubah sedikit struktur yang ada di koperasi, sudah saatnya struktur koperasi dirubah lebih menekankan pada konsep awal dimana koperasi terbentuk di indonesia, koperasi terlalu dipengaruhi oleh kepentingan penguasa sudah lama menjadi terpinggirkan dan dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang, bila tidak ingin seperti itu sudah saatnya itu semua dirubah menuju yang lebih baik lagi. Menejemen koperasi pun perlu dikelola dengan lebih profesional lagi, bila strukturnya tertata dengan baik menejerialnya pun berjalan sesuai dengan seharusnya bukan itu suatu kemajuan yang baik untuk koperasi kedepannya. Permasalahan dalam pengelolaan menejemen koperasi salah satunya adalah pendidikan yang kurang memadai sperti yang sudah saya jelaskan diatas, kurang tersebar merata kepada seluruh anggota koperasi terutama mengenai pengelolaan keuangan. Oleh karena seorang pemimpin pun seharusnya terjun langsung untuk memantau kinerja koperasi koperasi yang ada di indonesia, mengetahui kendala kendala apa yang terjadi pada koperasi tersebut.
Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah atau lembaga swasta selain koperasi juga sangat mendukung untuk kemajuan koperasi. Untuk saat ini masih sangat lemah terlebih bekerjasama dengan organisasi organisasi internasional bisa dibilang sangat tidak memadai, tapi tidak ada salahnya mencoba untuk memajukan koperasi nantinya dengan dukungan dari semua pihak yang memang menginginkan untuk kemajuan koperasi sendiri, bisa jadi itu semua menjadi mungkin untuk dilakukan. Jika sudah melaksanakan apa yang sudah saya uraikan diatas saya rasa koperasi di indonesia akan maju dan dapat bersaing dengan perusahaan perusahaan besar yang ada di indonesia walaupun pengerjaannya sedikit harus bekerja keras untuk mencapainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar