Senin, 01 Juli 2013

Sehatkan mengkonsumsi yogurt ??



Siapa yang tidak kenal dengan yogurt. Salah satu minuman yang saya sukai ini, ternyata memiliki banyak efek positif untuk tubuh kita. Walaupun rasanya masam, entah kenapa saya suka dengan rasanya. Enak ! tapi tidak sembarang yogurt baik atau sehat untuk tubuh kita. Disini saya akan berbagi pengetahuan mengenai yogurt ini. Menurut beberapa sumber yang saya ambil. Well, Yoghurt adalah sebuah produk susu yang dihasilkan oleh bakteri fermentasi susu. Yoghurt salah satu makanan/minuman yang dianjurkan untuk membantu menurunkan berat badan. Seberapa ajaib kah makanan ini bisa membantu menurunkan berat badan?
Yoghurt dinilai sebagai pengganti makanan, karena dengan yoghurt dapat membantu mengurangi lemak dibagian lingkar pinggang penderita obesitas, hal tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan para ahli dan University of Tennessee, di Knoxville, Amerika Serikat.
Bagi penderita obesitas yang selama 12 minggu harus mengurangi kalori dari makanan dan mengkonsumsi yoghurt 3 kali sehari, ternyata mengalami penurunan kadar lemak didaerah perut lebih banyak dibanding yang tidak minum yoghurt. Selain kadar lemak 61% berkurang lebih banyak, tubuh mereka juga terlihat lebih kencang, karena jaringan otot para peminum yoghurt lebih besar dibanding mereka yang tidak minum yoghurt.
Yoghurt memiliki beragam jenis yang berbeda, namun tidak semua yoghurt bisa dikonsumsi untuk diet, perhatikan kandungannya :
·  Tidak semua yoghurt memiliki khasiat yang sama, hanya yoghurt yang mengandung bakteri hidup yang memiliki manfaat besar. Beberapa jenis yoghurt, seperti frozen yoghurt atau pasteurized yoghurt, tidak mengandung bakteri hidup dan nutrisi yang sama.
·  Meski rasanya asam, yoghurt tidak selalu rendah lemak. Kadar lemak yoghurt tergantung pada bahan baku susu yang dipakai. Jika susu yang dipakai tinggi lemak, yoghurt yang dihasilkan pun akan banyak lemak. Sebaiknya kalau terbuat dari susu rendah lemak, yoghurt pun ikut rendah lemak. Jadi, kalau anda sedang menjalankan diet, pilihlah yoghurt yang terbuat dari susu rendah lemak.
·  Perhatikan dengan seksama label pada yoghurt. Jika terdapat tulisan yoghurt strawberry, besar kemungkinan yoghurt tersebut memang ditambahkan buah. Namun, kalau tertulis yoghurt rasa strawberry, itu berarti hanya ditambahkan perasa. Bukan buah sungguhan.
· Perhatikan tanggal kadaluarsa ketika membeli. Setelah itu simpan yoghurt dalam kulkas yang bersuhu 4ᵒ – 6ᵒ C. dalam keadaan tersebut yoghurt dapat bertahan hingga 2minggu tanpa banyak mengalami penurunan mutu. Jika disimpan disuhu ruang, gumpalan yoghurt akan pecah dan cita rasanya menjadi lebih asam.
· Jangan berlebihan jika mengkonsumsi yoghurt tersebut, cukup 200 – 400ml setiap harinya. Bila minum yoghurt terlalu banyak akan muncul gejala alergi laktosa, maka dianjurkan minum yoghurt secukupnya saja.
 Nah dari tulisan di atas cukup memberikan kita sedikit pengetahuan mengenai yogurt, dan yogurt yang bagaimana yang seharusnya di konsumsi terutama untuk para wanita yang sedang melakukan diet untuk menguruskan berat badannya.
sumber : www.askdrsears.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar